ca-app-pub-5927664126886963/2988589531

Saturday, October 15, 2016

PETUNJUK TEKNIS TANAMAN KARET



PETUNJUK TEKNIS TANAMAN KARET

Penyadapan  merupakan suatu tindakan membuka pembuluh getah, agar getah yang terdapat didalam kulit batang tanaman karet dapat keluar. Penyadapan dilakukan pada kulit karet hingga mencapai dekat kambium.
Tamanan  karet bisa mulai disadap setelah mencapai diameter batang 45 cm atau sudah berumur 5 tahun bila dirawat dengan baik dan benar.
Beberapa hal perlu dipersiapkan dalam menjelang penyadapan, yaitu:


1. Penentuan batang sadap dengan mengukur tinggi batang 100 cm dari Permukaan tanah, pada tanaman yang sudah memiliki lini batang 45 cm kemudian Bisa kita tandai dengan menggunakan cat atau goresan.

2. Selanjutnya pengambilan bidang sadap, kemiringan bidang sadap bisa sekitar 30 derajat, kemudian panjang irisan setengah sepiral. Bagi lingkar batang menjadi 2 bagian dengan menggunakan tali atau meteran kain, dan tandai dengan goresan pada kedua sisinya. Kemudian buat garis sandaran tegak lurus pada bagian yang ditandai tadi, perlu diperhatikan oleh bapak yang mulai bertani, arah sadapan karet adalah dari kiri atas kekanan bawah. Kemudian perdalam semua goresan dengan pisau sadap.

Baca juga : jamur akar putih

3. Pemasangan alat - alat pada penyadapan pohon karet adalah , wadah karet, bisa berupa mangkok atom (plastik) atau tempurung kelapa. Kawat dudukan mangkok dan talang untuk mengalirkan getah ke dalam wadah penampungan. Pasang talang sadap sekitar 15cm dari irisan sadap, kemudian pasang cincin mangkok sekitar 15cm dari talang agar getah menetes kedalam mangkok, lalu pasang mangkok dan pastikan mangkok sudah terpasang dengan baik.

4. Kegiatan selanjutnya adalah penyadapan
Penyadapan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari, sebelum jam enam pagi atau pada saat terang tanah. Yang harus diperhatikan adalah kedalaman sadap. Jangan sampai terkena kayu atau disisakan sekitar 1mm dari kulit kayu dalam. Kemudian ketebalan irisan tidak lebih dari 2mm, agar bidang sadap bisa dipergunakan hingga 5 tahun. Penyadapan pada tanaman muda dilakukan tiga hari sekali selama 2 tahun pertama dan selanjutnya dilakukan dengan penyadapan 2 hari sekali atau model AB.

5. Tahap terakhir pengumpulan getah dilakukan setelah semua tetesan getah berhenti.

Getah dikumppulkan kedalam ember dan dibawa ketempat pengolahan

Terima kasih.