ca-app-pub-5927664126886963/2988589531

Sunday, May 3, 2015

Ekstrak Daun Kemangi

Daun kemangi tentu bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita. Apalagi daun kemangi juga memiliki aroma yang sangat khas dan biasa digunakan untuk lalapan. Selain digunakan sebagai lalapan, daun tersebut juga biasa digunakan untuk campuran pepes ikan agar dapat menghasilkan pepes dengan aroma yang harum dan rasa yang khas ketika dibakar. Namun, dibalik aroma yang khas dan rasanya yang agak sepat, manfaat daun kemangi untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Daun yang kurangi digemari ini ternyata kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh termasuk kandungan vitamin A di dalamnya. Selain itu, daun ini juga mengandung berbagai macam mineral penting bagi tubuh seperti fosfor, zat besi, kalsium, dan magnesium. Kandungan lain yang juga terdapat di dalam daun kemangi adalah betakaroten dan vitamin C. Jika Anda belum mengetahui manfaat daun kemangi, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh daun kemangi.




Mengatasi Masalah Pencernaan
Daun kemangi telah terbukti secara klinis mampu meredakan beberapa gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mual, maag, dan cacingan. Jika Anda termasuk orang yang mengalami gangguan pencernaan, Anda dapat mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi daun kemangi setiap sarapan. Jika Anda tidak suka, Anda juga dapat meminum air rebusan kemangi.

Menyuburkan Pria
Daun kemangi ternyata dapat membantu mencegah kemandulan, khususnya pada pria karena daun kemangi kaya akan zat arginine. Kandungan zat ini bermanfaat untuk memperkuat daya tahan dan memperpanjang usia hidup sperma. Bagi kaum wanita, daun kemangi bermanfaat untuk merangsang produksi hormon progesteron dan estrogen

Menghilangkan Komedo di Wajah
Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata daun kemangi juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah kecantikan wajah. Untuk menghilangkan komedo dengan daun kemangi, Anda dapat menumbuk daun kemangi dan menjadikannya sebagai masker wajah. Setelah dioleskan di wajah, biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian, bilas wajah sampai bersih. Selain berkhasiat untuk menghilangkan komedo di wajah, masker daun kemangi ternyata juga dapat membuat wajah menjadi lebih sehat dan cerah.

Melancarkan Peredaran Darah
Daun kemangi memiliki kandungan mineral magnesium dan senyawa sineol. Kandungan zat ini dapat membantu melebarkan pembuluh nadi dan menjaga kestabilan denyut jantung sehingga aliran darah di seluruh tubuh pun menjadi lancar.

Menghilangkan Bau Mulut dan Bau Badan
Jika Anda mengalami masalah bau mulut atau bau badan, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena daun kemangi dapat memberikan solusi untuk masalah ini. Anda dapat mengkonsumsi minimal 10 lembar daun kemangi tiap hari secara teratur. Atau Anda juga bisa menggantinya dengan meminum air rebusan daun kemangi yang dicampur dengan sedikit gula merah. Jika Anda melakukan hal ini, pasti masalah bau mulut atau bau badan akan cepat menghilang.

Menyembuhkan Panas Dalam
Kemangi mengandung vitamin C dan beberapa senyawa kimia di dalam getah daunnya. Zat-zat tersebut ternyata dapat bermanfaat untuk menyembuhkan panas dalam dan sariawan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi mentah atau mengkonsumsi air rebusan kemangi secara teratur.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi daun kemangi setiap hari dapat membantu meningkatkan daya tubuh kita. Selain karena memiliki kandungan vitamin C, di dalam daun kemangi juga terdapat kandungan betakaroten. Betakaroten inilah yang bekerja merangsang produksi antibodi di dalam tubuh sehingga sistem imun kita menjadi lebih kuat. Selain dapat meningkatkan sistem imun, betakaroten juga dapat menjaga kesehaan mata

Menyembuhkan Masuk Angin
Masyarakat tempo dulu sebenarnya sudah lama menggunakan daun kemangi untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin. Caranya, campurkan air perasan daun kemangi, irisan bawang merah, dan minyak kayu putih. Setelah itu oleskan ramuan tersebut di punggung dan perut.

Menangkal Radikal Bebas

Daun kemangi kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas akibat polusi dan lingkungan di sekitar kita. Radikal bebas meningkatkan resiko seseorang untuk terkena berbagai penyakit sehingga jika daun kemangi dapat menangkal radikal bebas, maka tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat. Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat daun kemangi ini Anda bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan setiap hari.

No comments:

Post a Comment