ca-app-pub-5927664126886963/2988589531

Monday, May 20, 2013

Pengaruh Pemberian Effective Microorganism 4 (EM-4) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Mentimun (Cucumis sativus L)


RINGKASAN

            Purwanto, Pengaruh Konsentrasi dan Waktu Pemberian Effective Microorganism 4 (EM-4) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Mentimun (Cucumis sativus L). Penilitian ini dibawah bimbingan Anas Johan selaku Pembimbing Utama dan Adnan Amin selaku Pembimbing Anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan waktu pemberian EM-4 yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil mentimun serta interaksi diantara keduanya.
Pelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra Langsa Desa Meurandeh Kecamatan Langsa Lama Pemerintahan Kota Langsa pada Bulan Mei sampai dengan Bulan September 2009.
Dalam penelitian ini digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) secara faktorial, yang terdiri dari 2 (faktor) yaitu :
1.      3 (tiga) taraf konsentrasi pemberian pupuk organik cair EM-4
K1 = 5 cc / liter air
K2 = 10 cc / liter air
K3 = 15 cc / liter air
2.      3 (tiga) taraf waktu pemberian EM-4
W1 = 4 hari sekali
W2 = 8 hari sekali
W3 = 12 hari sekali
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor konsentrasi EM-4 berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 2, 3 dan 4 MST, jumlah cabang produktif pada umur 5 MST, panjang buah, jumlah buah, diameter buah, produksi per plot dan produksi per hektar. Pengukuran parameter tertinggi terdapat pada perlakuan K2 (dengan konsentrasi 10 cc/liter air). Fakor waktu pemberian  EM-4 berpengaruh nyata pada diameter buah dan berpengaruh tidak nyata pada tinggi tanaman pada umur 2, 3 dan 4 MST, jumlah cabang produktif pada umur 4 dan 5 MST, panjang buah, jumlah buah, produksi per plot dan produksi per hektar. Pengukuran parameter tertinggi terdapat pada perlakuan W2 (diberikan 8 hari sekali), sedangkan faktor interaksi antara konsentrasi dan waktu pemberian EM-4 berpengaruh sangat nyata pada jumlah buah per plot dan berpengaruh nyata pada diameter buah.  Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan (K2W2).
Untuk memperoleh pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun yang optimum, berdasarkan hasil penelitian ini disarankan penggunaan EM-4 sesuai dengan konsentrasi yang dipakai yaitu 10 cc/liter air dengan waktu pemberian 8 hari sekali.

No comments:

Post a Comment