ca-app-pub-5927664126886963/2988589531

Thursday, July 18, 2013

MEMBUAT ENTRES HIJAU (GREEN BUILD)



PENDAHULUAN:
ü Okulasi Hijau (Green Budding) tanaman karet, dilaksanakan untuk mempercepat memperoleh bahan tanaman di lapangan.
ü Dengan cepatnya diperoleh bahan tanaman, berarti cepatnya pula dapat dilaksanakan pertanaman di lapangan. Disamping itu biaya pengadaan bibit dapat diturunkan/tertekan dari pada pengadaan bibit dengan cara convensionil.
ü Selanjutnya akan diperoleh waktu yg banyak/panjang suatu persemaian dapat di okulasi mula-mula dengan okulasi hijau pada umur batang bawah 3 – 8 bulan selanjutnya setelah batang bawah berumur 9 bulan dilakukan okulasi convensionil (Brown Budding).


PERSIAPAN BATANG BAWAH DAN MEDIA PERTUMBUHANNYA:
ü Syarat utama batang bawah adalah sehat, tidak terserang hama/penyakit dalam arti yang luas.
ü Batang bawah bisa dinilai tidak sehat bila lapangan bawah ( tempat tumbuhnya bibit) mendapat saingan zat-zat makanan dengan rumput yang berat sekali
ü Umur batang bawah 3-8 bulan dengan besar batang minimum sebesar pensil.
ü Batang bawah sehabis di pupuk 1/2 - 1 bulan, baru di laksanakan okulasi.

PEMBUATAN DAN PENGAMBILAN ENTRYS:
ü Pembuatan entrys/Frame dengan maksud untuk memperoleh mata sebanyak mungkin. Yang diambil mata perisai;
1.     mata pada daun rudimenter (3 - 5 bh).
2.     mata pada ketiak daun 10 harj sebelum dipergunakan tangkai daun dipotong ) untuk mempercepat tangkai daun gugur.
ü Umur entrys (5-8 minggu) daun sudah berwarna hijau, lemas dan berkembang penuh pada payung pertama.
ü Pada entrys yang baik, inilah kunci keberhasilan pelaksanaan Green Budding. Mata entrys hijau yang dipergunakan, umurnya 5-8 minggu. Mata entrys yang terletak pada payung ke 10 yang berwarna hijau, umurnya tidak selalu sama 5-8 minggu. Jelas pada patung pertamalah yang entrys berumur 5-8 minggu dan jika sudah/ akan membentuk payung kedua tidak dapat lagi digunakan entrys walaupun yang dipakai mata-mata yang ada paying pertama.
ü Oleh sebab itulah pembuatan Entrys diutamakan untuk Gree Budding agar memperoleh umur Entrys yang diperlukan, juga mungkin ada hubungannya dengan daya lekat dan tumbuh dari mata Entrys yang diperoleh. Karena terbatasnya mata Entrys yang diperoleh (mata rudimenter) maka sepuluh hari sebelum diambil batang Entrys-nya tangkai-tangkai daun dipotong agar mempercepat tangkai daun yang gugur, sehingga diperoleh mata ketiak daun yang dapat dipergunakan sebagai mata Entrys.
PEMBUATAN OKULASI:
ü Paling utama diperhatikan pelaksanaan Green Budding harus lebih cepat dilakukan dari Okulasi Brown Budding sebabnya, antara lain; lendirnya entrys lebih sedikit dari mata entrys Brown Budding.
ü Disamping itu pekerjaan okulasi pada umumnya harus bersih dan teliti.
Entrys disimpan dalam ember plastik yang berisi air ± 2,5 cm.
Caranya tidak berbeda dengan cara okulasi Brown Budding sbb. :
o   Batang bawah yang akan diokulasi dibersihkan dari tanah dan kotoran yang menempel dibatang dengan lap.
o   Batang bawah 5 cm. diatas lebar akar disayat dibuat jendela ( membuka dari atas kebawah) dengan ukuran panjang 5 cm, lebar0,7 cm.
o   Mengambil mata ukuran panjang 3-4 cm, lebar 0,4 - 0,7 cm, cambium mata maupun batang bawah jangan terpegang dan kotor.
o   Jendela pada batang bawah dibuka yang sebelumnya disayat lebih dahulu agar getahnya dapat keluar dari bekas sayatan dan. dibersihkan.
o   Mata tempelan diletakkan/dimasukkan ke-dalam jendela yang telah dibuka, sesuai dengan keadaan mata (tidak terbalik).
o   Pembalutan dengan pita plastik atau tali gedebok pisang mulai dari atas kebawah, kemudian naik keatas lagi, lalu diikat pada bagian atas,
o   Setelah 20 hari diperiksa, okulasi jadi dipotong batang bawahnya 7 - 10 cm. diatas mata tempelan.
PENANAMAN DILAPANGAN (Transplanting).
Untuk penanaman di lapangan yang berasal dari okulasi hijau dipersemaian ditempuh macam – macam cara:
o   Dianjurkan secara Stump tinggi okulasi umur2 tahun tinggi 3 meter.
o   Okulasi yang telah membengkak dipindahkan kekeranjang secara putaran setelah tumbuh 2-3 payung berkembang penuh ditanam dilapangan.
o   Jika keadaan terpaksa Stump mata tidur atau Stump mata yang hampir membengkak dengan akar yang diusahakan banyak yang utuh dipindahkan kelapangan . Stump yang sudah dicabut jangan terlalu lama tidak ditanam, dan diletakkan ditempat yang teduh. Kalau ada hal-hal yang kurang jelas mintalah keterangan pada Penyuluh Pertanian yang terdekat.

No comments:

Post a Comment