Thursday, 13 June 2013

SUPAYA BIBIT TANAMAN CEPAT TUMBUH

Menanam bibit pohon memang gampang-gampang susah. Kadang meski kita melakukannya di musim penghujan, bibit tidak tumbuh secara cepat atau bahkan layu. Untuk itu, sobat perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar hasil penanaman bibit dapat optimal, yaitu:

Lubang
Buatlah lubang yang cukup untuk menaruh tanah yang bagus sekaligus pupuk yang memadai sehingga batang bibit akan tertanam sempurna, sekaligus dipenuhi nutrisi yang dibutuhkannya. Lubang yang terlalu sempit kadang akan mengganggu dan menghambat tumbuhnya akar yang sebelumnya telah ada di bibit pohon tersebut.

Tanah Penutup
Tanah penutup lubang ini harus sobat cari yang berkualitas bagus, yang umumnya berbentuk gembur. Terlebih jika sobat menanam bibit tersebut di lokasi bebatuan, material yang sebelumnya menutup lubang tidak harus dikembalikan lagi namun dapat sobat ganti dengan tanah lain yang berkualitas lebih bagus.

Pupuk Kandang
Pupuk kandang ini akan sangat berguna untuk mendorong bibit agar tumbuh cepat dan subur. Dengan kealamiahannya, pupuk ini mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan bibit. Bandingkan saja penggunaan pupuk kandang ini dengan pupuk yang murni dari bahan kimia, tentu hasilnya akan berbeda. Selain murah, pupuk kandang juga lebih sehat bagi tumbuhan.

Pelindung Batang
Setelah sobat menguruk dan memberi bibit tanaman tersebut pupuk serta tanah pelindung yang memadai, jangan lupa membentengi bibit tersebut dengan material lain, baik kayu ataupun bambu. Pagar yang baik tentu dapat mencegah bibit terinjak maupun diserang oleh hewan-hewan piaraan. 

Perawatan
Untuk perawatan yang baik, sobat harus menyirami secara rutin bibit tanaman tersebut, menyiangi rumbut yang tumbuh di sekelilingnya, serta memberikan pupuk yang tepat. Pantau pula apakah daun-daun dari bibit tanaman yang sobat tanam dalam kondisi sehat atau diserang ulat. Lakukan penyemprotan bila perlu.

Itulah sekilas tentang tips agar bibit tanaman cepat tumbuh. Sobat dapat memanfaatkan musim penghujan ini untuk menanam berbagai tanaman bermanfaat seperti mangga, matoa, rambutan, kelengkeng maupun tanaman perindang seperti ketepeng, tanjung, kiara payung, dan lain sebagainya. Layaknya menabung, di kemudian hari sobat dapat memetik hasil jerih payah menanam dan merawat tanaman tersebut dalam bentuk yang beragam, baik dari segi kesehatan maupun kenyamanan.
Semoga bermanfaat YA BROO, salam.
Post a Comment